Dugaan Malpraktek Dokter Bidan Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang

Dugaan Malpraktek Dokter Bidan Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang
Rumah Dinas Guru Yang Sekarang di Jadikan Tempat Pelayanan kesehatan Bidan Desa Lembu, kecamatan Bancak, kabupaten Semarang

SEMARANG - Desa Lembu, kecamatan Bancak, kabupaten Semarang, terdapat Bidan yang terindikasi melakukan Malpraktik dimana ia menangani pasien diluar tupoksi kebidananya, Sabtu, ( 25/09/2021).

Bidan yang berinisial (T) Yang notabenenya hanya sebagai bidan di desa lembu dan sudah mengabdi bertugas selama (15) lima belas tahun, sempat mendapat teguran dari Pemerintah desa dan Masyarakat terkait kepengurusan Kartu kesehatan yang sempat ditahan pihak Bidan tersebut. Bahkan sempat di adakan mediasi antara Pemerintah desa, Kecamatan, pihak Puskesmas, Warga dan Bidan terkait kinerjanya.

Ia diduga berani menangani pasien yang bukan merupakan kewenangan bidan dengan kata lain ia pun melakukan Praktik penanganan Dokter Umum, padahal ijin prakteknya hanya sebagai dokter bidan.

Menurut sumber yang di humpun awak Media Indonesiasatu.id bersama Tim, Bidan tersebut tidak menggunakan fasilitas yang telah di sediakan oleh pemerintah Desa, diantaranya Postu (Pos Pelayanan Terpadu) yang selalu tertutup dan tidak di fungsionalkan sampe sekarang rusak dan terbengkalai, sehingga Masyarakat yang akan berobat di arahkan ke Rumah Dinas yang dulunya Rumah Dinas Guru yang sekarang sudah tidak layak untuk para Pasien, dan dalam pelayanan baik di jam kerja maupun tidak.

Ironisnya dalam praktiknya bidan Tersebut Meminta uang jasa Rp.70.000 hingga Rp.90.000 kepada setiap pasien, dan berani memberi suntikan untuk pasien diluar pasien Kandungan dan Anak.

Ditempat terpisah, Kepala puskemas memberikan keterangan kepada awak Media Indonesiasatu.id bersama Tim, yang mana Bidan tersebut telah mendapatkan perintah/ijin tertulis dari Pimpinan Puskesmas, Mengingat jangkauan dari Puskesmas ke desa Lembu sangat jauh, " Paparnya. Namun ketika dimintai menunjukkan mengenai Surat ijin tersebut Kepala Puskesmas tidak memperlihatkan hingga berita ini di tayangkan.

Dari sumber Wilayah yang berbeda, dusun Ngelu, desa Jatilawang, kecamatan Wonosamudro, kabupaten Boyolali, dari beberapa keterangan warga, bahwa Bidan (T) yang mana Bidan tersebut bertugas di desa Lembu kecamatan Bancak, kabupaten Semarang. Juga telah melakukan Malpraktik/ tindakan Medis dengan pungutan Biaya yang beragam mulai dari Rp.80.000, - / Rp.100.000, - sesuai Obat dan suntikan di wilayah tersebut.

Dalam Undang-Undang Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan (“UU Tenaga Kesehatan”) terbaru, tenaga kebidanan adalah salah satu jenis tenaga kesehatan. Jenis tenaga kesehatan di kelompok tenaga kebidanan ini adalah bidan. Pasal 11 ayat (1) dan (5) UU Tenaga Kesehatan.

Sebagai salah satu tenaga kesehatan, bidan dalam menjalankan praktik harus sesuai dengan kewenangan yang didasarkan pada kompetensi yang dimilikinya lihat Pasal 62 ayat (1) UU Tenaga Kesehatan). Menurut penjelasan Pasal 62 ayat (1) huruf c UU Tenaga Kesehatan, yang dimaksud dengan “kewenangan berdasarkan kompetensi” adalah kewenangan untuk melakukan pelayanan kesehatan secara mandiri sesuai dengan lingkup dan tingkat kompetensinya, antara lain untuk bidan adalah ia memiliki kewenangan untuk melakukan pelayanan kesehatan ibu, pelayanan kesehatan anak, dan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana.

“Jelas jelas ini sudah melanggar Undang Undang tenaga kesehatan pasal 62 ayat (1) UU Tenaga Kesehatan, dan di kenakan sangsi administratif. Ketentuan sangsi ini di atur dalam pasal 82 ayat (1) UU kesehatan.

Kami meminta, pihak-pihak terkait untuk menindak lanjuti dengan adanya dugaan pelanggaran tersebut dan masyarakat dasa Lembu meminta bidan segera di pindah atau dapat teguran dari Dinas terkait.

(Editor JIS: AGUNG/Tim)

Semarang JATENG
Agung widodo

Agung widodo

Previous Article

Warga Desa Margasari Kabupaten Tegal Antusias...

Next Article

TMMD Reg-112, Babinsa 08.0720/Gunem Bantu...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 70

Registered: May 29, 2021

anisyahyangb@gmail.com

anisyahyangb@gmail.com

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 11

Registered: Apr 9, 2021

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 15

Registered: Apr 7, 2021

Donald stenly

Donald stenly

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Apr 9, 2021

Profle

Udin Komarudin

Pemdes Aergale Manfaatkan Dana Desa Tahun 2021 Tahap 2 Dengan  Program PKTD
Diduga tersengat listrik, Warga Krapoh Ditemukan Tak Bernyawa di Atas Pohon
Tekan Angka Covid 19, Pemdes Lolombulan Makasili Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Raih Pringkat 6 Besar Nasional, Pratin Pekon Batu Kabayan Murtoyo Sampaikan Apresiasi

Follow Us

Recommended Posts

Vaksinasi Dosis 1 Sinovac Dilaksanakan di Balaidesa Tembok Luwung oleh DPC Gerindra
Warga Desa Lebaksiu Kab Tegal Ikuti Kegiatan Vaksinasi dengan Tertib dan Lancar
Warga Desa Kertajaya Gandrungmangu, Ikuti Sosialisasi Tata Cara Penanganan Banjir
Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Masal Dosis Pertama
Prajurit Satgas TMMD Reg-112 Kodim Rembang Sosialisasi Lingkungan dan Bantu Kasih Makan Sapi Warga