Warga Desa Kertajaya Gandrungmangu, Ikuti Sosialisasi Tata Cara Penanganan Banjir

Warga Desa Kertajaya Gandrungmangu, Ikuti Sosialisasi Tata Cara Penanganan Banjir

Cilacap - Danramil 10/Gandrungmangu dalam hal ini diwakili Babinsa Serda M. Sudirman, dampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis BPBD Sidareja Agus Sudaryanto, berikan Pelatihan Tanggap Bencana Banjir kepada masyarakat Kertajaya bertempat di Balai Desa Kertajaya, Kecamatan Gandrungmanggu, Kabupaten Cilacap, Senin (18/10/21).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi tentang tata cara penanggulan bencana banjir yang di sampaikan langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis BPBD Sidareja Agus Sudaryanto dan pelaksanaan praktek langsung di lapangan (sungai). Kegiatan ini sebagai bagian dari siaga bencana di Cilacap.

Menurut Agus Sudaryanto, bencana banjir dan longsor selalu menghantui warga di kawasan rawan seperti halnya di wilayah Kecamatan Sidareja, Gandrungmangu dan sekitarnya sehingga warga perlu mengetahui bagaimana tata cara penanggulangan bencana seperti banjir dan lainnya.

"Wilayah eks-distrik Sidareja dikenal sebagai daerah langganan banjir. Tiap tahun, wilayah ini selalu dilanda banjir rendaman. Sehingga masyarakat juga perlu tahu tentang tata cara penanggulangan banjir. Kita BPBD telah mempersiapkan keperluan penanganan bencana seperti karung, Bronjong, menyiagakan perahu untuk keperluan evakuasi dan lain sebagainya, " kata Agus Sudaryanto.

Babinsa Serda M. Sudirman menambahkan, wilayah Kabupaten Cilacap adalah kabupaten dengan tingkat risiko bencana paling tinggi di Jawa Tengah seperti tsunami, tanah longsor dan banjir. Dengan kegiatan sosialisasi ini, dia berharap nantinya masyarakat menjadi tangguh dalam menghadapi bencana alam.

“Wilayah Kecamatan Kesugihan memiliki potensi bencana alam seperti Gempa Bumi, Tsunami, angin puting beliung maupun banjir, dengan kegiatan ini tujuannya agar masyarakat siap menghadapi berbagai potensi bencana, tanggap serta tangguh dalam menghadapinya, " ujarnya.

Melalui kegiatan ini pula setiap desa agar mempunyai kader-kader tanggap bencana sehingga akan menginformasikan kembali kepada masyarakat di lingkungannya. Dengan tanggap bencana diharapkan pada saat terjadi bencana apapaun, masyarakat akan dengan cepat mengevakuasi secara mandiri sehingga mengurangi resiko korban dan dapat meminimalisir kerugian yang diakibatkannya, " Ungkapnya

Kegiatan dihdiri oleh Kepala Desa Kertajaya Ruswanto, S.Sos., Babinsa Koramil Gandrungmangu Serda M. Sudirman, Ketua BPBD Agus Sudaryanto beserta 2 orang anggotanya, dan diikuti oleh 26 orang Anggota Linmas dan Karangtaruna Desa Kertajaya. Selain sosialisasi, juga dilaksanakan praktek langsung dilapangan/sungai.

CILACAP JAWATENGAH
Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Previous Article

Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Masal...

Next Article

Warga Desa Lebaksiu Kab Tegal Ikuti Kegiatan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Narsono son

Narsono son

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 26

Registered: Dec 24, 2020

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 12

Registered: Jul 21, 2021

WARTADESA.CO.ID

WARTADESA.CO.ID verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 11

Registered: Jul 9, 2020

Calvin Maruli

Calvin Maruli

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 8, 2020

Profle

Narsono son

TNI Bersama Satgas Bantu Pindahkan Warga ke Tempat Pengungsian yang Aman
UMKM Kerjasama dengan Marketplace Bangkit Bersama Jawa Tengah

Follow Us

Recommended Posts

Kades Kedondong Antarkan Warga Kondangan Dituduh Selingkuh
Pengerasan Jalan Dusun Puringan Secang Dilakukan Secara Swadaya
Seorang Lelaki Ditemukan Tewas di Tengah Sawah,Desa kubangkangkung
Proyek Pembuatan Talud di Dusun Banjaran Cengklik Diduga Siluman, Raup Untung dan dikerjakan Asal Jadi
Kisah Pilu Satu Keluarga Tinggal Digubuk Tidak Layak Huni di Kampung Banjaran Cengklik