Pemdes Karanganyar Bersama BPBD Cilacap Sosialisasi Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Pemdes Karanganyar Bersama BPBD Cilacap Sosialisasi Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

CILACAP-Melalui kegiatan di wilayah binaaan menjadi forum untuk menyampaikan terkait sosialisasi  kebencanaan, khususnya dimana ancaman potensi terjadinya bencana alam dapat terjadi kapan dan dimana saja.

Ancaman bencana alam tersebut perlu waspada karena kita sebagai warga masyarakat perlu adanya sikap tanggap dan siap siaga manakala dihadapkan pada situasi terjadi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, gempa dan bencana alam lain, Tutur Sekdes Priyo Sumarno mengawali pembuka acara.

Pihaknya mewakili Pemerintah Desa Karanganyar, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam mengikuti kegiatan di maksud.

Sehingga dalam antisipasi dini tanggap bencana, Pemerintah Desa Karanganyar Kecamatan Gandrungmangu melaksanakan Sosialisasi Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Skala Desa, bertempat di Pendopo Balai Desa setempat pada, Kamis (30/12/21).

"Dengan Sosialisasi Kesiapsiagaan tanggap bencana alam yang kita sampaikan maka kita berharap akan dapat pembelajaran, dengan bertindak cepat dan tepat dalam memberikan penanganan dan evakuasi korban bencana.

Sosialisasi kesiapsiagaan tanggap bencana juga, untuk mengantisipasi dan mengoptimalkan peran dan tugas kita bersama agar apabila terjadi bencana kita bisa bertindak dalam pencegahan dini, " kata Kasi Trantibum Kecamatan Gandrungmangu Bambang Suprayitno, S.IP mewakili Camat.

Ia juga menekankan, guna membantu dalam penanggulangan bencana alam, bekal pengetahuan tentang kebencanaan tentunya juga harus di sosialisasikan di masyarakat, agar kita mampu mencegah dan meminimalisir bila terjadi kapan dan dimana sewaktu waktu bencana tiba, " tambahnya. "Yang perlu di perhatikan dalam kesiapsiagaan bencana alam adalah mengajak masyarakat sekitar untuk peduli dan tanggap akan kondisi masing - masing, serta mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam penanganan bencana alam, sehingga kewaspadaan kita dalam mengantisipasi datangnya bencana sudah tanggap dan sigap, " tutur Babinsa Koramil 10/ Gandrungmangu Serka Indra Rismanta yang turut hadir dalam acara mewakili Danramil sebagai Narasumber.

‌Kepala UPT BPBD Sidareja Agus Sudaryanto, S.Sos dalam penyampaiannya di hadapan peserta memberikan tata cara penanggulangan Kesiapsiagaan Bencana Skala Desa serta materi pencegahan bila sewaktu datang bencana diantaranya, Penyelamatan dan evakuasi korban, Pemenuhan kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan, Perlindungan, Pengurusan pengungsi serta Pemulihan sarana dan prasarana.

Cilacap jawatengah BPBD cilacap bpbd upt sidareje bencana sosialisasi kabar cilacap desa karanganyar kecamatan gandrungmangu info hari ini
Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Previous Article

Aparat Gabungan Bersama Nakes Puskesmas...

Next Article

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Mengakibatkan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Sopiyan hadi

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Apr 14, 2021

Aa Ruslan Sutisna

Aa Ruslan Sutisna

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Oct 27, 2021

Herman Djide.B

Herman Djide.B

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Jan 3, 2022

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Jan 2, 2022

Profle

Nanang suryana saputra

Warga Desa Cibenda Gotong Royong Bangun Rumah Mantan Hansip
PABPDSI Kabupaten Sukabumi Resmi Dilalantik, Ketum PABPDSI: Ini Merupakan Agenda Nasional
Sasar Perkampungan, Tiga Pilar Kelurahan Ma'rang Cari Warga untuk di Vaksin
Robiah  Wanita Tua Warga Dusun Patrol Desa Cibenda Cari Nafkah Dari Hasil Menjual Sapu Lidi

Follow Us

Recommended Posts

Miras dan Pergaulan Bebas Memicu Terjadinya Kasus Asusila
Hujan Deras Disertai Angin Kencang Mengakibatkan Rumah Warga Cimrutu Roboh
Kemendagri Ungkap Strategi Realisasi Penyerapan Program secara CETTAR
Ketua BNSP Serahkan Langsung Sertifikat Lisensi LSP SDM TIK
Presiden Resmikan Pasar Johar di Semarang